Mengapa Kita Bela Palestina?

MENGAPA KITA BELA PALESTINA?

Mungkin terbetik pertanyaan mengapa kita harus dengan susah payah membela paletina? Bukankah disekeliling kita masih banyak problem – problem sosial yang belum bisa terentaskan. Apa untungnya buat kita?


Dari sekian banyak informasi, Palestina yang merupakan sebuah nama untuk wilayah barat daya negeri Syam yaitu wilayah yang terletak di bagian barat asia dan bagian pantai timur tengah itu ternyata mempunyai beberapa keutamaan. Keutamaan Palestina itu banyak disebutkan oleh Rasulullah Muhammad saw di dalam haditsnya. Berikut ini beberapa keutamaan Palestina itu :

1. Di Palestina terdapat Masjidil Aqsha atau lebih dikenal dengan Baitul Maqdis.

2. Masjidil Aqsha adalah kiblat pertama kaum muslimin. Dalam HR bukhari disebutkan : “Dari Bara’ bin ‘Azib, ia berkata : “Kami shalat bersama nabi menghadap Baitul Mqdis selama enam belas bulan, sampai akhirnya turun ayat (ke 144) dalam surat Al Baqarah “Dan dimana saja kalian berada, hadapkanlah wajah kalian ke arahnnya (Masjidil Haram)”

3. Baitul Maqdis di Palestina adalah salah satu dari tiga kota suci yang dianjurkan untk diziarahi dengan niatan ibadah.
“Rasulullah Saw bersabda, dari Abu Hurairah dari nabi Saw beliau bersabda : “Tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh ke masjid – masjid tertentu dengan niatan ibadah kecuali kepada tiga masjid : Masjidil Haram, Masjid Rasul (Masjid Nabawi), dan Masjidil Aqsha” (HR Bukhari).

4. Keutamaan shalat di Baitul Maqdis setara dengan 500 kali dibanding dengan masjid lainnya, Masjidil Haram lipat 100 ribu, pahala shalat di Masjid Nabawi 1000 (Dalam HR Al Bazar dan Thabrani).

5. Adanya keutamaan penduduk Palestina dibanding penduduk lainnya
Dari Abdullah bin Hawalah, ia berkata : “Wahai Rasulullah, putuskanlah untukku suatu negeri yang kelak akan aku tinggali. Sekiranya aku tahu anda akan kekal (tidak wafat), tentulah saya memilih hidup berdekatan dengan Anda”
Maka Rasulullah Saw bersabda “Hendaklah engkau memilih negeri Syam. Hendaklah engkau memilih negeri Syam. Hendaklah engkau memilih negeri Syam.”
Tatkala Rasulullah Saw melihat Abdullah bin Hawalah kurang menyukai Syam, beliau segera bersabda, “Tahukah engkau apa yang difirmankan oleh Allah? Allah berfirman ‘Engkau adalah negeri pilihanKu, Aku masukkan ke dalam dirimu hamba – hamba pilihan-Ku...’ Pada malam aku diisra’kan, aku melihat sebuah tiang berwarna putih berkemilau yang dibawa oleh para malaikat. Aku bertanya “Apa yang tengah kalian bawa?” merka menjawab “Kami membawa tiang islam, dan kami diperintahkan untuk meletakkannya di negeri Syam” (HR Ath Thabrani)

Begitulah saudaraku, sesungguhnya Allah sedan menguji kepekaan kita. Sampai detik ini Palestina (khususnya jalur Gaza) mengangis memanggil antum para mujahid untuk menyelamatkan bumi Palestina dari tangan – tangan zionis laknatullah. Hanya ada satu kata, satukan langkah galang ukhuwah membantu saudara – saudara kita yang tertindas dan terdholimi. Kalau bukan Anda siapa lagi?

0 komentar:

Post a Comment