Memilih Sekolah Bagi Anak

Anak adalah amanah Allah sekaligus anugerah – Nya yang sangat besar bagi suatu keluarga. Anak shalih adalah penyambung ikhtiar dan peringan beban orang tua. Ketika orang tua masih hidup, anak shalih akan memohonkan ampunan dan kasih sayang Allah bagi mereka berdua. Setelah mereka meninggal dan amalnya terputus, doa anaknya, insyaallah, terus mengalir. Anak shalih adalah buah hasil pendidikan orang tua yang tak kenal henti.


“Dan hendaklah takut kepada Allah orang – orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak – anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka…”. (QS An Nisaa : 9)

Anak dilahirkan dalam keadaan suci tanpa dosa, orang tuanya yang menjadikan dia Muslim, Nashrani, Yahudi atau Majusi. Pembentukan anak menjadi “seseorang” terjadi akibat pendidikan, dan yang berperan sangat penting dalam hal ini adalah orang tua.

Untuk itulah anak memerlukan pendidikan, baik umum maupun agama. Namun sayang, masih banyak orang tua yang melupakan atau kurang memperhatikan pendidikan agama anak – anaknya. Padahal agama yang menuntun kehidupan manusia agar selalu dalam kebenaran dan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pendidikan anak adalah sangat penting. Untuk menghadirkan anak – anak yang pendai, cerdas dan bertaqwa bukanlah hal mudah. Karena itu peran orang tua, sebagai penerima amanah Allah, adalah sangat menentukan. Orang tua dituntut untuk membimbing dan mengarahkan anak baik dalam memilih sekolah maupun arah pendidikan putra – putri mereka agar tidak salah jalan.

Terutama dalam mendaftarkan anak – anak untuk sekolah, orang tua perlu memilihkan sekolah yang dinafasi oleh nilai – nilai Islam. Setidak – tidaknya sekolah umum yang disitu Islam diajarkan. Bukan sekolah yang menjadikan anak – anak jauh dari Islam. Apalagi sekarang sudah banyak lembaga – lembaga pendidikan Islam yang mampu menyediakan sekolah berkualitas. Sebagaimana yang kita kenal sebagai Pesantren atau dalam bentuk Sekolah Islam Terpadu di tingkat SD, SLTP maupun SLTA, insya Allah nantinya hingga Perguruan Tinggi, baik yang berbentuk Borading School maupun yang Full Day.

Marilah kita memperhatikan pendidikan anak – anak dengan memberi bekal pengetahuan agama dan umum yang baik dan seimbang. Agar, insya Allah, menjadi anak – anak yang pandai dan shalih, yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan berbakti pada orang tua. Untuk itu perlu kita ingat do’a Nabi Ibrahim : “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang – orang shalih.” (QS Ash Shaffaat : 200). Demikian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment